Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar: komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer berkomunikasi dengan bawahannya, atasannya, manajer yang lain ditingkat yang sama, dan dengan pihak2 extern perusahaan. Mereka juga harus bisa memecahkan suatu problematika dengan membuat sautu perubahan2 pada operasi perusahaan sehingga tujuan bisa tercapai.
Keahlian yang perlu dimiliki seorang manajer adalah yang pertama, yaitu Keahlian Komunikasi, manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan atau tertulis. Komunikasi tertulis meliputi laporan, surat, memo, email terbitan berkala. Komunikasi lisan dapat terjadi saat rapat, saat menggunakan telepon atau voice mail, saat meninjau fasilitas, dan selama acara makan bisnis serta beragai kegiatan sosial.
Yang kedua adalah keahlian dalam pemecahan masalah, kita mendefinisikan pemecahan masalah (problem solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan. Masalah biasanya dianggap sesuatu yang selalu buruk, karena sangat sedikit yang menganggap masalah sebagai suatu untuk meraih kesempatan. Dengan menggabungkan usaha meraih kesempatan kedalam pemecahan masalah, kita dapat medefinisikan masalah
secara negative sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungin membahayakan suatu perusahaan, atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan mungkin kerugian. Hasil dari aktivitas pemecahan masalah adalah solusi
. Selama proses pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan
(decition making), yaitu tindakan memilih dari berbagai alternative tindakan. Keputusan
suatu tindakan tertentu yang telah dipilih. Umumnya, manajer perlu membuat keputusan-keputusan berganda dalam proses memecahkan suatu permasalahan tunggal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar